CALIFORNIA - Printer tiga dimensi (3D) saat ini berhasil menduplikasi banyak barang yang memiliki fungsi serupa asli. Laporan terkini, ilmuwan bisa menciptakan hati manusia yang dibuat dari printer 3D.

Perusahaan yang memproduksi organ manusia dari printer 3D, Organovo, mengumumkan telah sukses menciptakan hati dari berbahan dasar kertas tissue. Bahkan, hati butan printer 3D tersebut bisa bertahan hidup selama 40 hari di laboratorium.

Hati tersebut hanya memiliki tinggi setengah milimeter dan lebar empat milimeter. Peneliti membuatnya hidup dengan cara menyuntikkan lapisan sel hati manusia ke dalamnya. Dengan berhasil hidup selama 40 hari, para ilmuwan berharap temuannya ini bisa digunakan untuk kebutuhan medis nantinya.

"Salah satu keuntungan dari hasil bioprinting kami adalah hati buatan tersebut telah lulus dalam pengujian secara komparatif dari beberapa komposisi dan geometri hingga dapat digunakan nantinya," kata Keith Murphy, CEO Organovo, seperti dilansir dari Softpedia, Selasa (12/11/2013).

Namun masalah terbesar yang dihadapi tim saat ini adalah sulitnya mendapatkan replika sel hati manusia. Untuk saat ini tim baru bisa menduplikasi sel dalam jumlah yang sangat kecil

0 comments:

Post a Comment

Fajar Bahari

Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...

Followers

 
Top